Senin, 03 Desember 2012

Silabus smk X genap= Menggunakan perkakas bertenaga


SILABUS

Nama Sekolah                    :  SMK --------
Mata Pelajaran                    :  Kerja bangku
Kelas/ Semester                  :  X / 2
Standar Kompetensi           :  Menggunakan Perkakas Bertenaga/ Operasi Digenggam
Kode Kompetensi               :  014 KK 05
Alokasi Waktu                     :  140 Jam @ 45 menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KARAKTER
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI

1. Menjelaskan jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas bertenaga



§ Semua syarat keselamatan sebelum, selama dan sesudah penggunaan perkakas bertenaga dapat diikuti.
§ Jennis-jenis perkakas  bertenaga dijelaskan
§ Fungsi  penggunaan perkakas bertenaga dijelaskan
§ Cara penggunaan perkakas bertenaga dijelaskan

Karakter
Jujur, cerdas, peduli, tangguh, bertanggung jawab, toleransi, selalu melakukan yang terbaik, kreatif, terbuka, dan mendengarkan pendapat teman, membantu teman yang membutuhkan dan saling memgingatkan untuk berbuat yang terbaik.

Keterampilan Sosial
Bertanya, berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dan memberi saran yang bersifat membangun

§ Syarat-syarat keselamatan kerja dalam menggunakan perkakas bertenaga.
§ Jenis-jenis perkakas bertenaga
§ Fungsi masing-masing per kakas bertenaga
§ Cara penggunaan masing masing perkakas bertenaga

§ Melaksanakan persyaratan keselamatan kerja  dlm menggunakan perkakas bertenaga
§ Menjelaskan jenis-jenis per kakas bertenaga
§ Menjelaskan fungsi masing masing perkakas bertenaga
§ Menjelaskan cara penggunaan masing masing perkakas bertenaga


·      Tes tulis
·      Tugas

Pengama-tan
perilaku berkarakter


3

39
(78)
28
(112)

·   Teknik bengkel
·   Modul

2-Buku siswa
3-LKS
4-kunci lks



2. Menggunakan macam macam perkakas bertenaga

§ Macam-macam perkakas tenaga diedensifikasi sesuai dengan fungsinya
§ Macam –macam perkakas tenaga digunakan sesuai dengan fungsinya masing masing
Karakter
Jujur, cerdas, peduli, tangguh, bertanggung jawab, toleransi, selalu melakukan yang terbaik, kreatif, terbuka, dan mendengarkan pendapat teman, membantu teman yang membutuhkan dan saling memgingatkan untuk berbuat yang terbaik.

Keterampilan Sosial
Bertanya, berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dan memberi saran yang bersifat membangun

§ Mengidentifikasi perkakas tenaga sesuai dengan fungsinya masing masing
§ Menggunakan perkakas tenaga sesuai dengan fungsinya

§ Menjelaskan cara mengidensifikasi perkakas tenaga sesuai dengan fungsinya masing-masing
§ Menjelaskan cara penggunaan perkakas tenaga sesuai dengan fungsinya masing-masing
Pengama-tan
perilaku berkarakter


3

39
(78)
28
(112)

TM        : Tatap Muka
PS        : Praktik di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI         : Praktek di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)                     

1 komentar: