Nama
Sekolah : SMK .......
Mata
Pelajaran : Frais
Kelas/Semester : XII / 5
Standar
Kompetensi : Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Frais
Kode
Kompetensi : 014 KK 10
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KARAKTER
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
1
Menjelaskan cara pengoperasian mesin frais
|
· Macam-macam mesin frais dijelaskan sesuai
dengan spesifikasinya
· Macam-macam alat bantu mesin frais
dijelaskan sesuai fungsinya
· Teknik dan cara pengoperasian mesin frais
dijelaskan sesuai SOP
|
Karakter
Jujur, cerdas, peduli, tangguh, bertanggung jawab, toleransi,
selalu melakukan yang terbaik, kreatif, terbuka, dan mendengarkan pendapat
teman, membantu teman yang membutuhkan dan saling memgingatkan untuk berbuat
yang terbaik.
Keterampilan Sosial
Bertanya, berpendapat, menjadi pendengar yang baik,
berkomunikasi dan memberi saran yang bersifat membangun
|
· Macam-macam mesin frais
· Alat bantu mesin frais
· Teknik dan cara operasional mesin frais.
|
·
Identifikasi
mesin frais dan jenisnya
·
Mengoperasikan mesin frais
· Menjelaskan pengefraisan rata, alur, dan segi.
· Mengunakan alat bantu kepala pembagi.
|
· Tes tulis
· Tes lisan
Pengama-tan
perilaku berkarakter
|
2
|
6
(12)
|
4
(16)
|
§ Mesin
Frais
§ Modul
M7.6A
-LKS
4-kunci 5.jawabanlks
§
|
2
Mengoperasikan
mesin frais
|
· Mesin frais dioperasikan sesuai SOP.
|
·
|
·
Pengopersian mesin frais
·
Pengidentifikasian pisau frais
·
Penggunaan dari jenis-jenis pisau
frais
|
·
Mengoperasikan mesin frais
· Mengefrais rata, alur, dan bertingkat.
·
Menggunakan alat bantu pengefraisan
|
· Pengamatan
· Praktek
Pengama-tan
perilaku berkarakter
|
2
|
22
(44)
|
12
(48)
|
§ Mesin
Frais
§ Modul
M7.6A
Job sheet-LKS
4-kunci 5.jawabanlks
§
·
·
|
3 Mengecek komponen untuk penyesuaian dengan rinciannya. |
·
Komponen diperiksa kesesuaiannya terhadap spesifikasi menggunakan teknik,
alat-alat, dan peralatan yang tepat.
|
Karakter
Jujur, cerdas, peduli, tangguh, bertanggung jawab, toleransi,
selalu melakukan yang terbaik, kreatif, terbuka, dan mendengarkan pendapat
teman, membantu teman yang membutuhkan dan saling memgingatkan untuk berbuat
yang terbaik.
Keterampilan Sosial
Bertanya, berpendapat, menjadi pendengar yang baik,
berkomunikasi dan memberi saran yang bersifat membangun
|
· Pemeriksaan komponen dan dimensi
benda kerja secara visual
|
· Memeriksa komponen dan dimensi
benda kerja secara visual
· Memeriksa komponen/benda kerja.
|
·
Pengamatan
|
2
|
14
(28)
|
4
(16)
|
·
Mesin frais
·
Alat keselamatan kerja
· Job
sheet
· Modul
M7.7A
· Alat
ukur
-LKS
.-kunci .jawabanlks
§
·
|
Keterangan:
TM : Tatap
Muka
PS : Praktik
di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI : Praktek
di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar