Nama Sekolah : SMK --------
Mata Pelajaran :
Kerja bangku
Kelas/ Semester : X / 2
Standar Kompetensi : Menggunakan Perkakas Bertenaga/ Operasi Digenggam
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KARAKTER
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
1. Menjelaskan jenis, fungsi dan cara penggunaan perkakas bertenaga
|
§ Semua syarat keselamatan sebelum, selama dan sesudah
penggunaan perkakas bertenaga dapat diikuti.
§
Jennis-jenis perkakas bertenaga dijelaskan
§
Fungsi penggunaan perkakas bertenaga dijelaskan
§
Cara penggunaan perkakas bertenaga
dijelaskan
|
Karakter
Jujur, cerdas, peduli, tangguh, bertanggung jawab, toleransi,
selalu melakukan yang terbaik, kreatif, terbuka, dan mendengarkan pendapat
teman, membantu teman yang membutuhkan dan saling memgingatkan untuk berbuat
yang terbaik.
Keterampilan Sosial
Bertanya, berpendapat, menjadi
pendengar yang baik, berkomunikasi dan memberi saran yang bersifat membangun
|
§ Syarat-syarat keselamatan kerja dalam menggunakan
perkakas bertenaga.
§
Jenis-jenis perkakas bertenaga
§ Fungsi masing-masing per kakas bertenaga
§ Cara penggunaan masing masing perkakas bertenaga
|
§ Melaksanakan persyaratan keselamatan kerja dlm menggunakan perkakas bertenaga
§ Menjelaskan jenis-jenis per kakas bertenaga
§ Menjelaskan fungsi masing masing perkakas bertenaga
§ Menjelaskan cara penggunaan masing masing perkakas
bertenaga
|
·
Tes tulis
·
Tugas
Pengama-tan
perilaku berkarakter
|
3
|
39
(78)
|
28
(112)
|
·
Teknik bengkel
·
Modul
2-Buku siswa
3-LKS
4-kunci lks
|
2. Menggunakan macam macam perkakas bertenaga
|
§ Macam-macam perkakas tenaga diedensifikasi sesuai
dengan fungsinya
§ Macam –macam perkakas tenaga digunakan sesuai dengan
fungsinya masing masing
|
Karakter
Jujur, cerdas, peduli, tangguh, bertanggung jawab, toleransi,
selalu melakukan yang terbaik, kreatif, terbuka, dan mendengarkan pendapat
teman, membantu teman yang membutuhkan dan saling memgingatkan untuk berbuat
yang terbaik.
Keterampilan Sosial
Bertanya, berpendapat, menjadi
pendengar yang baik, berkomunikasi dan memberi saran yang bersifat membangun
|
§ Mengidentifikasi perkakas tenaga sesuai dengan
fungsinya masing masing
§ Menggunakan perkakas tenaga sesuai dengan fungsinya
|
§ Menjelaskan cara mengidensifikasi perkakas tenaga
sesuai dengan fungsinya masing-masing
§ Menjelaskan cara penggunaan perkakas tenaga sesuai
dengan fungsinya masing-masing
|
Pengama-tan
perilaku berkarakter
|
3
|
39
(78)
|
28
(112)
|
|
TM : Tatap
Muka
PS : Praktik
di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI : Praktek
di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)
terimakasih semoga bermanfaat ya
BalasHapus